PASAR IKAN DAN SAYUR


Dulu pasar di Buli hanya satu. Itupun buka nya subuh, dan biasanya siang udah tidak ada aktivitas; jauh sebelum tambang mulai beroperasi di daerah sini. Dengan masuknya Antam maka pasar di Buli pun bergeliat, banyak pendatang dari etnis bugis dan tobelo, serta etnis sanger mulai mencari sesuap nasi di daerah pasar ikan ini. Banyak kios yang menjajakan pakaian, mainan, petasan (musiman), makanan, sayur, buah, dan ikan bahkan handphone dll. Hiruk pikuk pasar ini hingga malam hari (dulu sebelum uu minerba keluar).

Pasar Buli

Pasar Buli di sore hari

 

Karena banyaknya pengunjung dan jalan yang sempit, area ini juga akhirnya sering macet  belum lagi banyak bentor parkir di tepi jalan untuk menunggu penumpang; selain itu masih banyak penjual sayur di sekitar tepi jalan. Sangat sesak.

menuju pasar

Menuju Pasar

Pemerintah desa pun  membuat pasar sekunder untuk memfasilitasi distribusi produk dari subaim seperti sayur dll di area baru, yaitu pasar sailal. Jika anda mencari harga yang lebih murah untuk sayur, datanglah ke pasar sailal. Di sana banyak pedagang dari subaim yang menjual langsung ke pengunjung. Yang dijual pun sama dengan pasar Buli kecuali ikan. Ikan tidak di jual di pasar Sailal.

Berita lain, Desa Sailal sudah menyiapkan lahan untuk memindahkan pasar sailal ke area baru yang jaraknya hanya 2 menit dari pasar yang lama, namun hingga sekarang belum terealisasi. Karena lokasi pasar yang ditempati sekarang, merupakan tanah dari Pak Benny Tandean.

Biaya hidup di sini sangat mahal, sebagai perbandingan untuk beli air Aqua Rp. 35.000,- per galon (isi saja). Sementara untuk beli aqua galon (isi dan galon) sebesar Rp. 100.000,-. Untuk beli LPG (tukar tabung) sebesar Rp. 325.000 – 350.000,-.

Dengan adanya perusahaan tambang di sini, biaya hidup pun naik secara drastis. Karena gaji karyawan perusahaan tambang lumayan besar jika dibandingkan dengan sektor yang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s