Windows di Mac Air, why not? :D


Mac with Windows

Pengen punya mac tapi dilema karena aplikasi favorite anda jalan di windows? well… jangan khawatir, anda bisa membeli laptop idaman dan bisa juga tetap menjalan aplikasi kesayangan anda di windows. Ini adalah sekian dari banyak tutorial install windows di mac, tapi saya gak bahas langkah-langkahnya hanya beberapa tips untuk install windows. Menurut pengalaman saya, pasti ada trouble saat install windows di mac.

Untuk mengetahui laptop mac anda mendukung windows versi apa dan syaratnya apa saja, kunjungi site http://support.apple.com/kb/HT5628?viewlocale=id_ID&locale=id_ID

Sementara Anda yang sudah tidak sabar install Windows 7 atau 8, silakan ikuti langkah-langkah di sini: http://hyllal-netheroes.blogspot.com/2013/01/cara-menginstall-windows-8-di-macbook.html

Berikut yang perlu diperhatikan:

  1. Jika anda belum punya file iso windows 7 atau 8, sebaiknya siapin flash disc 64 gb. Karena jika anda membuat image dari disk utility mac, hasil image windows sekitar 32 gb. Sebaiknya download iso windows 7 atau 8 langsung dari internet, karena besaranya hanya sekitar 3-4 gb (flash disc 8 gb udah cukup)
  2. Diperlukan flash disc untuk membuat dvd bootable windows 7/8. Bootcamp akan mengcopy image windows ke dalam flash disc.  Karena proses install nya mengunakan Flash Disc.
  3. Mac mendukung windows 7/8 64 bit. WIndows 7/8 32 bit, tidak ada dukungan dari mac (Windows 7/8 x86).
  4. Sebelum install Windows, sebaiknya segera download “Windows Supported File”, ukuran file sekitar 500 mb – 1 gb. Ini berisi driver hardware untuk menjalankan Windows dengan lancar.
  5. Alokasi quota untuk Windows 7/8 64 bit sebaiknya 30 gb atau tergantung aplikasi apa saja yang ingin anda install di windows. Karena hanya sistem saja membutuhkan sekitar 16 gb.

Jika anda masih ragu-ragu, silakan bertanya ke teman yang ngerti IT. ok?  Bila masih awam, sebaiknya hati-hati. Salah pilih partisi untuk install Windows, bisa menghapus seluruh isi data dan sistem mac anda.

———————————————————–

Selamat mencoba 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s