Daeng Udin; pembawa Cita Rasa Makassar di Tengah Kota Buli


Salah satu makanan favorite saya dari tanah Makassar, Coto Makassar. Rasa coto sangat khas, percampuran rempah dan kacang dengan kuah yang kental.Biasanya coto dimakan bersama Ketupat,  ditaburi daun bawang dan jeruk nipis. Daun bawang dan bawang goreng yang banyak adalah salah satu yang membuat coto enak. Seporsi hanya Rp. 20.000,-, pake telur tambah 3 rb. Ketupat seribu perak per buah.

Coto Makassar

Coto Makassar

Anda dapat menyantap hidangan ini yang berlokasi di pertigaan pasar. Sangat mudah menemukan warung  coto makassar yang satu ini, karena catnya warna hijau stabilo. Sangat menyolok. Warungnya sih biasa aja, kecil, tempatnya tidak representative  tapi rasanya manthap.

Warung Coto

Warung Coto

Sejak tahun 2007, saya sudah menjadi langganan setia makan di tempat ini.  Konsistensi rasa daging sapi nya masih kurang. Kadang empuk, kadang juga agak keras. Tidak ada bawang goreng dan sedikit daun bawang. Namun, bila dibandingkan dengan coto Makassar dari tempat lain seperti di samping bengkel simpati dan bank mandiri;  well …. menurut ku ini adalah yang terbaik soal rasa. Selain dari warung coto tersebut ada beberapa pilihan tempat makan coto makassar tapi sayang rasanya tidak sama. Misal dekat bengkel simpati di desa Geltoli juga ada tapi rasa coto nya sangat beda. Kuahnya terasa seperti sop konro. Sementara di samping bank Mandiri, kuah coto nya terlalu kental.

Kalo ke Makassar yang paling ramai sekarang adalah Coto Nusantara. Ini adalah salah satu tempat yang direkemondasi oleh teman-teman dari Makassar kalo ditanya Coto Makassar yang paling enak di sana.

Lidah memang tak bisa bohong, dan sejarah rasa yang pernah melewatinya akan terus tersimpan dalam memori, mengendap dan meruap sekali-kali ketika bertemu makanan favorite. Bukankah begitu? 🙂
———————————————————

Ini hanyalah referensi dari seseorang pencinta coto Makassar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s