Kabar Gembira: Penyakit Jantung Koroner Tidak Perlu Operasi


Awalnya hanya pelisir ke casino di Genting, lalu di ajak check up di Penang. Alih-alih menikmati liburan malah jadi stress karena mikirin dokter penang beri waktu 4 hari harus operasi by pass untuk hasil diagnosa penyempitan pembuluh darah 3 titik di jantung mertua.

Klinik Waringin Medika

Klinik Waringin Medika

Therapy Konservatif
Karena mertua menolak untuk di operasi, akhirnya kita dipertemukan dengan dokter Frans Santosa, special penyakit jantung dan penyakit dalam lulusan Ilmu Kedokteran Vasculer di Department of Angiology, University Hospital, di Essen, Jerman ini juga menerima nobel terkait penulisannya Therapy of Coronary Heart Disease-Current Standpoint terbitan UNIMED Verlag AG, Bremen, Jerman.

”Banyak dokter yang memilih melakukan tindakan pemasangan stent atau bahkan langsung operasi by pass saat menangani pasien jantung yang stabil atau belum akut. Padahal, hanya dengan terapi konservatif sebenarnya sudah cukup. Makanya, banyak pasien yang mengeluarkan biaya lebih besar,” kata Direktur Jakarta Vascular Centre Dr med Frans Santosa MD, saat temu media di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dengan therapy ini banyak pasien yang divonis harus operasi, bisa sembuh. Therapy yang dimaksud adalah pemberian obat atau infus untuk memperlancar pembuluh darah. Pemberian infus itu sendiri direkomendasi minimal 20x, tergantung kondisi pasien bisa juga sampai 40x. Banyaknya pasien beliau, jadi saya sarankan datang lah lebih awal, jam 7 pagi sudah bisa. Gak perlu ambil nomer, datang langsung dilayani. Cepat kok.

BIAYA
Mengenai biaya rasa-rasanya anda perlu merogoh kocek lebih dalam, sekali infus biaya sekitar 10 jt. Belum termasuk obat dan check up awal (tes lab) dsb bisa sekitar 11 jtan.

Sedikit catatan untuk oknum yang menjelaskan mengenai biaya, agak sedikit “menyimpang”. Masa pembayaran menggunakan kartu debit bank Mandiri di mesin EDC Mandiri dikenakan tambahan biaya 2%. Ketika di komplain, katanya kebijakan dari klinik. Setahu saya, tambahan biaya 3% kalo pembayaran menggunakan kartu kredit Mandiri atau kartu debet / kartu kredit bank lain.
———————————————
Beliau orang yang sangat ramah, kita smsin aja masih sempat di balas.. Well done, Doctor. 🙂

Dr. med. Frans Santosa
Jakarta Vasculaer Centre
Klinik Kardiologi & Angiologi “WARINGIN MEDIKA”
Jl. Yusuf Adiwinata no. 34 Menteng
Jakarta, Indonesia

Telp. 021 – 31422622
Mobile 08111 38576

Advertisements

5 thoughts on “Kabar Gembira: Penyakit Jantung Koroner Tidak Perlu Operasi

  1. Pak, maaf mau konfirmasi ulang mengenai biaya infus. Itu benar sekali infus 11 jtan? Jadi kalau 20x itu 220 jtan?
    Hasilnya setelah infus 20x bagaimana?

    1. Iya bener… Pertama ada pemeriksaan jantung ,konsultasi dll. Dari situ si dokter akan mengambil rekomendasi apakah perlu terapi infus atau lain sebagainya.

      Setahun mmg segitu biaya nya. Dan hasilnya …. Tetap gak ada perubahan. Akhirnya operasi bypass di malaysia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s