Jangan Ikut MMM, pleasee…..!!!


Guys… ini bukan pertama kali kalian dengar mengenai MMM (Manusia Membantu Manusia atau Money Make Moneys atau Mavrodi Mondial Moneybox) or whatever… sudah banyak perdebatan mengenai sistem ini.

Diperkenalkan pertama kali oleh sejumlah warga negara Rusia sejak Juli 2012 di Indonesia. Untuk latar belakangan, sejarah dan cara kerjanya di googling aja.

Anyway, terlepas dari kontroversi yang ada di internet. Awalnya saya juga berdebat dengan beberapa teman yang merekomendasikan MMM sebagai investasi dengan return yang sangat tinggi. Bayangin aja 30% per bulan. Bahkan ada manager MMM yang menjamin dan menawarkan promosi yang menggiurkan. Investasikan dana anda 50 jt yang akan di kunci selama setahun. Setelah itu anda dapat membawa pulang modal plus satu unit mobil avanza sesuai harga di mana anda berdomisili.

Secara logika, ini namanya investasi bodong. Gak ada usaha legal yang mampu memberikan return secara pasti 30% dalam sebulan. Bahkan saham saja butuh investasi jangka panjang agar dapat high return kecuali index komoditas. OJK sendiri tidak merekomendasikan MMM apalagi LPS. Secara nalar, investasi ini sangat berbahaya, resiko sangat tinggi.

So, karena penasaran. Gw coba ikut tanggal 21 Juli 2014. Selama gak ada permintaan help dari member lain, dana kita masih tersimpan di rekening sendiri. Permintaan untuk provide help (transfer dana ke member lain) sendiri tgl 5 Agustus. Secara sistem investasinya udah terhitung sejak tanggal 21 Juli. Menurut temen, tgl 7 – 10 Agustus ini udah bisa dicairin dana nya. Buset, keuntungannya udah bisa di cairkan hanya dalam jangka waktu 5 hari kalender sejak mengirim dana ke member lain. Nah, kita liat aja nanti apakah tanggal 10 Agustus ini, hasil investasi bener kembali atau lenyap tak berbekas? hehehe

MMM adalah money game. Investasi ini akan collaps kalau gak ada member baru dan member lama yang deposit kembali dana nya. Namun, karena sifat manusia adalah serakah, sistem ini akan terus berputar seperti bola salju dan memberikan keuntungan tak terbatas. Suatu saat akan mencapai titik klimaks. Jika itu terjadi, anda tidak perlu menuntut siapa-siapa. Juga tidak perlu menyalahkan siapapun. Masuk cepat, keluar cepat. Jangan menjadikan sebagai pendapatan tetap secara bulanan. Game Over.

————————————————

Jika ingin ikut, jangan serakah. “Take risks if you win, you will be happy. If you lose, you will be wise” meminjam salah satu ungkapan temen saya. πŸ˜€

Do with your own risk, happy invest πŸ™‚

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s