Wisata kuliner adalah bagian yang paling seru saat bertualang ke daerah yang masih baru. Penasaran dengan kuliner lokal? anda perlu coba yang satu ini, Popeda. Sepintas kelihatan bukan seperti makanan? Di benak anda sudah tergambar satu kata, lem. Yup, i knew it.. well.. jangan cepat menilai sebelum merasakannya. Ibarat pepatah, jangan nilai buku dari sampul nya.

Popeda adalah makanan khas daerah wilayah indonesia timur. Yup… tadi nya saya pikir ini makanan khas Ternate, tapi di Papua dan Maluku umumnya juga mengenal makanan ini. So, mungkin perbedaannya hanya bagaimana cara disajikan dan side dish nya.

Popeda terbuat dari endapan sagu atau singkong. Yang di direbus hingga mengental seperti lem. Cara penyajiannya, popeda di ambil dengan menggunakan sumpit dengan cara di gulung hingga membentuk buntalan lalu di letakkan dalam piring. Kemudian di campur dengan kuah ikan asam agar tidak lengket untuk menciptakan sensasi rasanya. Untuk yang baru pertama kali sebaiknya saat makan Popeda langsung di telan, jangan di kunyah. Rasanya makyus, asam dan pedas menyatu dalam larutan kuah kuning. Biasanya masih banyak lauk yang disajikan seperti ikan goreng, sambal, pisang rebus, sayur lilin dll.

 Setelah mencicipi, mungkin ini popeda terakhir anda karena lidah anda belum terbiasa atau mungkin, hanya mungkin anda akan kembali lagi merindukan rasa popeda. Apapun itu, wish you have a nice day.

Advertisements