BIAPONG KAWANGKOAN


Kecamatan Kawangkoan terkenal karena objek-objek wisatanya yaitu Bukit Kasih Kanonang, Gua Jepang yang terletak di Kiawa dan Sendangan, pemandian air panas Kinali, air terjun di Kiawa dan Kayuuwi, Bukit Kasih yang memiliki 5 rumah ibadah di puncak bukit dan kl 1000 anak tangga untuk menuju ke sana yang terletak di Kanonang dan pemandangan argowisata yang tersebar di beberapa desa.

Sewaktu memasuki daerah pusat kecamatan Kawangkoan terdapat Patung Kacang. Hal ini tidak mengherankan karena daerah ini adalah penghasil kacang se-Sulawesi Utara, kacang yang dihasilkan pun unik karena sebuah kacang dapat berisi antara 4-7 kacang. (Sumber Wikipedia)

Nah, salah satu kuliner rumah kopi yang sangat terkenal di sana adalah Rumah Kopi Gembira yang mempopulerkan biapong kawangkoan ditemani segelas kopi. Biapong atau bakpao ini diisi dengan daging babi dan telur. Rahasianya menurut sumber dekat, daging babi yang diisi masih mentah, jadi saat kukus daging babi ikutan matang bersamaan dengan roti biapong. Dengan begini minyak yang keluar daging itu menambah aroma rasa yang khas. Merekatkan isinya. Biapong ini disajikan hangat, ditemani sambal sangat enak untuk diseruput dengan kopi susu hangat. Maknyuss….

Kedai kopi Gembira ini sudah ada sejak tahun 1946. Usaha ini dikelola secara turun temurun dan sekarang sudah buka cabang di Kelapa Gading. Alamatnya di Jl. Kelapa Kopyor Raya Blok M-1/10, Kelapa Gading, Jakarta.

 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s