Bingung Mau Kemana Akhir Pekan Ini??


Sob, datang aja di tempat pemancingan ikan air tawar yang telah dibuka (soft opening) sejak Bulan Maret 2016. Lokasi nya di belakang Gereja Katolik Geltoli, tepatnya di jalan 40.

Tempat Pemancingan
Tempat pemancingan dibangun berkonsep gubuk-gubuk dengan suasana yang asri. Bagi anda yang tidak punya alat pancing, telah disediakan alat pancing tradisional menggunakan bambu. Umpan untuk ikan juga telah disediakan. Untuk ikan hasil tangkapan dapat di masak atau dibawa pulang.

Alamat:
Tempat Pemancingan
Jalan 40, Desa Geltoli, Kec. Maba – Haltim

CP: Nyoman Muningjaya

Advertisements

BIAPONG KAWANGKOAN


Kecamatan Kawangkoan terkenal karena objek-objek wisatanya yaitu Bukit Kasih Kanonang, Gua Jepang yang terletak di Kiawa dan Sendangan, pemandian air panas Kinali, air terjun di Kiawa dan Kayuuwi, Bukit Kasih yang memiliki 5 rumah ibadah di puncak bukit dan kl 1000 anak tangga untuk menuju ke sana yang terletak di Kanonang dan pemandangan argowisata yang tersebar di beberapa desa.

Sewaktu memasuki daerah pusat kecamatan Kawangkoan terdapat Patung Kacang. Hal ini tidak mengherankan karena daerah ini adalah penghasil kacang se-Sulawesi Utara, kacang yang dihasilkan pun unik karena sebuah kacang dapat berisi antara 4-7 kacang. (Sumber Wikipedia)

Nah, salah satu kuliner rumah kopi yang sangat terkenal di sana adalah Rumah Kopi Gembira yang mempopulerkan biapong kawangkoan ditemani segelas kopi. Biapong atau bakpao ini diisi dengan daging babi dan telur. Rahasianya menurut sumber dekat, daging babi yang diisi masih mentah, jadi saat kukus daging babi ikutan matang bersamaan dengan roti biapong. Dengan begini minyak yang keluar daging itu menambah aroma rasa yang khas. Merekatkan isinya. Biapong ini disajikan hangat, ditemani sambal sangat enak untuk diseruput dengan kopi susu hangat. Maknyuss….

Kedai kopi Gembira ini sudah ada sejak tahun 1946. Usaha ini dikelola secara turun temurun dan sekarang sudah buka cabang di Kelapa Gading. Alamatnya di Jl. Kelapa Kopyor Raya Blok M-1/10, Kelapa Gading, Jakarta.

 

RM TINOOR – TOMOHON


View Kota Manado dari RM TINOOR
Jalan-jalan di Manado kalo belum mencicipi kuliner lokal setempat rasanya kurang sreg. Nah, pas banget setelah menghadiri acara wedding bro Bey dan Eva di Bitung, keesokan hari nya pergi ke Taman Bunga, Tomohon. Mampir sebentar makan siang di RM Tinoor yang menurut orang masakannya lumayan enak.
Di resto ini makanan disajikan seperti di rumah makan padang, tapi semua yang disajikan udah dianggap sepaket. Jadi makan sedikit pun harganya tetap sama (Tips: habisin aja semua yang disajikan, kalo gak rugi karena tetap dibayar penuh).
 
Makanan yang tersedia ada babi kecap, rw (daging anjing), babi utang di fufu, ayam goreng, ayam pedas, dll. Biasanya di tempat seperti ini disediakan saguer (arak lokal). Tapi ditempat ini gak ada. Secara keseluruhan cita rasa makanan lumayan. Yang enak hanya ayam goreng dan sate babi nya. Sayangnya daging babi nya alot.
 
Berikut saya lebih prefer makan di Heng Mien, jaraknya tidak begitu jauh dari tempat ini. Sekitar 3 menit dari RM Tinoor. 🙂
 

Bebek Goreng Sauna Cafe Latte


Finally, Cafe Latte menghadirkan menu bebek goreng khusus weekend, dengan sentuhan ala mas Ari. Biasanya bebek mempunyai sifat daging yang lebih alot dan basah serta serat yang kasar. Namun rasanya lebih gurih. Daging bebek juga diketahui memiliki aroma yang cenderung lebih amis dan tajam.
 
Di tangan dingin mas Ari, bebek goreng Cafe Latte dagingnya menjadi lebih empuk, gak perlu pake gigi vampire untuk mengoyak dagingnya seperti di warung L*******n atau RM B*****h Subaim. Rekan saya pernah memakannya, daging nya seperti karet. Gak bisa putus. Di komplain pun gak dilayani, tetap aja bayar. Menyedihkan memang tapi mau gimana lagi, yang ada di Subaim yah hanya itu saja. No choice lah… 😦
 
Nah bagi penggemar bebek goreng, sekarang tidak perlu jauh-jauh ke Subaim hanya untuk makan bebek. Kini, tersedia khusus di Cafe Latte setiap Sabtu dan Minggu.
 
For Order:
Ari Kostiko
Cafe Latte
Jl. Trans Halmahera, Buli

Mobile: 0813 3142 4987

Katang Kanari, Lezaaatnya….!!!


Kepiting Kenari

Telur Kepiting Kenari

Ketam Kenari (Birgus Iatro) atau lebih dikenal dengan nama Katang Kanari di daerah Maluku sebenarnya bukan bangsa kepiting. Menurut wikipedia ketam ini merupakan jenis umang-umang kenari.

Terlepas dari nama nya yang cukup aneh di telinga. Rasa kepiting kenari seperti lobster tapi lebih manis. Di masak dengan bumbu apa saja enak. Di Cafe Latte kepiting kenari di masak saus padang merupakan menu favorite. Sensasi rasa yang sebenarnya adalah telur nya. Dicampur dengan sedikit cabe merah dan kecap asin, bisa juga di cocol dengan saus padang/saus tiram; sedapnya beken anda lupa dengan kandungan kolestrolnya yang sangat tinggi.

Sayang katang kenari ini sangat sulit ditemukan, apalagi sekarang sudah dilindungi oleh pemerintah. Biarpun dapat, harganya sangat mahal. Mentahnya saja Rp. 500.000,- per ekor.

Kurang puas rasanya jika ke Buli tidak mencicipi daging katang kanari ini. Penasaran ingin mencoba, siap-siap rogoh koceh agak dalam. “Sebaiknya pesan 2-3 hari sebelumnya jika ingin mencicipi katang kanari, karena harus beli dari luar daerah”, kata Venny. “Itupun kami tidak dapat menjamin ketersediaan stock nya, karena katang kanari tidak di supply secara rutin”, lanjutnya.

For Order:
Ari Kostiko
Cafe Latte
Jl. Trans Halmahera, Buli

Mobile: 0813 3142 4987

 

Ibu Andini: Semuanya Enaaak… Seafood Cafe Latte


Buli – Malam minggu (23/8/14) Cafe Latte dipercaya oleh Antam dan FENI Haltim untuk menjamu tamu investor dari Singapore dengan menu seafood seperti ikan tim goropa, kepiting kenari saus “padang”, dan lobster saus tiram (gambarnya menyusul ya….). “Hau Chek! Hau Chek!”, kata itu sering terdengar dari investor singapore selama jamuan makan berlangsung.

Terbesit ide untuk meminta testimoni dari tamu investor yang kemudian direkomendasikan oleh protokol FENI HALTIM, ibu Andini Djody yang belakangan diketahui merupakan anak dari pengusaha dan musikus ternama Setyawan Djody. Saat diminta testimoni, beliau sempat bingung nulis apa, karena menurutnya semua makanan enak… 🙂 Sayang foto nya gak bisa di posting, karena fotographer nya grogi jadi hasil jepretannya kabur.. maklum anak baru :p *mas bey grogi apa demam ya? 😀 hahaha

Ini kali ketiga Cafe Latte ditugaskan untuk menjamu tamu kementerian maupun investor dari Antam Group. Menurut salah satu sumber internal, investor dari singapore ini sedang mempelajari kemungkinan pembangunan pabrik smelter untuk nikel kadar rendah di Buli. Jadi tidak terkait dengan pembangunan smelter FHT. Untuk FHT sendiri investornya adalah Mitsubishi dari Jepang yang kemungkinan dijadwalkan dalam waktu dekat ini akan berkunjung ke lokasi FHT di Tanjung Buli. Dengar-dengar Menteri BUMN juga akan datang pada akhir bulan September ini.

Kita tunggu aja yuk.. di posting selanjutnya. 🙂